‘belajar’ ngonfig MultiLayer Switch (SVI, VLAN, Routing, & DHCP Server)

‘belajar’ ngonfig MultiLayer Switch (SVI, VLAN, Routing, & DHCP Server)

‘belajar’ ngonfig MultiLayer Switch (SVI, VLAN, Routing, & DHCP Server)

Switch adalah suatu perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan satu client dengan client lain untuk menjadi satu jaringan, dan bisa saling berkomunikasi. Umumnya switch itu dibagi 2, yaitu Switch Manageable dan UnManageable

Multi layer switching adalah perangkat jaringan komputer yang melakukan proses switch pada OSI layer 2 seperti jaringan biasa dan memberikan fungsi tambahan pada lapisan OSI yang lebih tinggi. MLS juga memberikan cara menyusun perangkat network switch menjadi beberapa tingkatan dikarenakan end user yang terkoneksi ke dalam suatu jaringan memiliki jumlah yang banyak, sehingga kita perlu melakukan trunking (menyambungkan switch satu dengan switch lain) antar network switch secara bertingkat.

Istilah multilayer switching dalam istilah Cisco merujuk pada sebuah teknologi canggih dimana router berkomunikasi dengan swtich untuk memberitahukan kepada switch bagaimana cara mem-forward frame tanpa bantuan dari router tersebut.

Switch virtual interface atau SVI berguna untuk meng-izinkan kita untuk mengkonfigurasi IP Address pada interface vlan tanpa memerlukan router. dimana IP Address pada interface vlan tersebut yang nantinya digunakan oleh client sebagai gateway VLAN.

VLAN adalah Virtual Local Area Network (VLAN) adalah metode untuk menciptakan jaringan-jaringan yang secara logika tersusun sendiri-sendiri. VLAN sendiri berada dalam jaringan Local Area Network (LAN), sehingga dalam jaringan (LAN) bisa terdapat satu atau lebih VLAN.